» Bagaimana Cara Menjalankan Perusahaan Koran Di Marketlory? Part II

Bagaimana Cara Menjalankan Perusahaan Koran Di Marketlory? Part II

Written By Palagan on 16 Juni 2013 | 16.6.13

Menyambung posting sebelumnya ...

Sekarang perusahaan koran anda telah memiliki stock raw material paper! Anda telah siap melakukan proses cetak!


Tahap Mencetak Koran

Di sini anda harus membuka lapangan pekerjaaan agar ada warga MarketGlory Indonesia bisa bekerja di perusahaan koran anda.

Klik menu Workplaces




  • Masukkan 1 (satu) pada Set an Hourly Wage. Ini adalah gaji yang anda berikan kepada warga MarketGlory Indonesia yang bekerja diperusahaan koran anda.
  • Klik Save untuk mengaktifkan wage
  • Klik Activate untuk membuka slot pekerjaan
Anda akan melihat posisi antrian (Position) perusahaan koran anda. Sekarang perusahaan koran anda sedang menunggu datangnya warga yang akan bekerja. Anda bisa melihat siapa saja yang telah bekerja di perusahaan koran anda dengan cara klik tombol Work Register.


Tahap Publish Artikel

Sambil menunggu datangnya pekerja. Sekarang saatnya anda menulis materi artikel untuk koran anda.

Klik menu Special Products


Lalu klik New Article - Anda akan mendapatkan sebuah online editor untuk menuliskan materi artikel.
  • Article's Title - judul atau headline artikel anda, buatlah semenarik mungkin untuk mengundang rasa ingin tahu calon pembeli. Harus di isi!
  • Article's Picture - cover picture artikel anda untuk menarik perhatian calon pembeli. Boleh tidak digunakan
  • Article's Summary - isikan tentang sinopsis dari isi artikel atau kalimat ajakan kepada calon pembeli untuk klik tombol Buy
  • Article's Body - Isi dari artikel secara keseluruhan. minimal 5000 kata (kalau tidak salah .. hehehe)
Tulis materi artikel anda di dan kemudian klik tombol Save - anda akan mendapatkan 'preview' dari artikel yang telah anda tulis.

(klik untuk memperbesar gambar). Di bagian footer, anda akan menemukan tombol Publish untuk mempublikasikan artikel anda agar bisa di beli warga lain.

Tapi .. jika anda tekan tombol Publish sekarang biasanya akan muncul error "The article content can not be empty or default. You can publish only new or modified articles"

Lebih baik klik tombol Edit terlebih dulu, tambahkan sedikit modifikasi di artikel anda. Klik Save dan kemudian klik Publish - proses publikasi sukses jika anda menemukan pesan ini "The article publishing has been successfully updated."

Warning Jangan beri tanda centang di "Publish on International Publishing" fitur ini adalah jika anda ingin mempublikasikan koran di pasar global. Jika anda melakukan ini, anda dan juga warga MarketGlory Indonesia tidak bisa melihat dan membeli artikel tersebut - plus .. kesempatan jual koran di pasar global pun tidak menguntungkan karena setiap pemain di negara negara yang ada di MarketGlory telah banyak memiliki perusahaan koran. :P

Catatan: Anda bisa menulis banyak artikel dalam satu hari, tapi HANYA SATU yang bisa dipublikasikan setiap hari.

Tahap Jualan Koran

OK! Anda telah memiliki koran dengan attikel siap jual. Yang perlu anda lakukan sekarang adalah menunggu ketersediaan stok koran siap jual di menu Inventory - berdoalah ada seorang warga dengan productivity point besar bekerja di perusahaan koran anda.

Set harga jual koran anda.


Perhatikan jumlah stock - koran hanya bisa dijual dalam bentuk bukan bilangan pecahan, semisal anda menemukan stock koran berjumlah 30.46 ini artinya hanya 30 yang bisa dijual - masukkan angka 30 ke Sell qty

Set Price atau harga jual - masukkan harga jual yang anda tawarkan kepada warga calon pembeli. Perhatikan Production Price (biaya produksi), ini adalah biaya produksi koran per qty (modal awal per qty),harga jual yang ditetapkan di Price harus lebih besar daripada Production Price agar anda tidak rugi

Perhatikan juga status license anda - pastikan ada tulisan "License is Active" jika ada pesan "License is not active atau suspended" klik tombol activated yang ada di bawahnya.

That's It! Selesai! Anda sudah menjadi seorang pengusaha koran di MarketGlory Indonesia!

Hal Hal Penting Yang Harus Dilakukan
  • Selalu check ketersediaan raw material paper di gudang perusahaan koran anda, jika stock menipis segeralah beli dari lokal atau global market
  • Ada kalanya seorang warga dengan productivity point tinggi datang bekerja tapi ketersediaan paper tidak mencukupi (check Alerts), ini akan menyebabkan On Hold status work slot dan suspended License. Jika hal ini terjadi, tambahkan stock paper dan segera aktifkan kembali license dan work slot tersebut.
  • Ada kalanya seorang pekerja datang untuk bekerja tapi kas IDR di perusahaan anda tidak cukup untuk membayar gajinya (check Alerts), ini akan menyebabkan On Hold status work slot dan suspended License. Jika hal ini terjadi, tambahkan IDR ke kas perusahaan lalu segera aktifkan kembali license dan work slot tersebut  Aturlah kas IDR perusahaan, paling tidak anda membutuhkan minim 2 IDR (dengan setting hourly wage 1 IDR) agar kasus ini tidak terjadi.
  • Tulis satu artikel atau beberapa artikel sekaligus dalam sehari, agar anda bisa tinggal klik tombol publish dan menerbitkannya setiap hari.
  • Jangan melakukan modifikasi untuk artikel yang telah terbit atau dalam status JUAL. Ini akan menyebabkan artikel tersebut menghilang dari pasaran (ditarik dari peredaran)
Semoga sukses!

--- Loe .. Gue ... END. Huh? ---
----
Dipublikasikan Oleh Palagan
Copyrighted Mahameru Spearhead 2013
Share this article :

+ comments + 5 comments

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MarketGlory Indonesia - Mahameru Spearhead. All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger