» Bagaimana Cara Menjalankan Perusahaan Koran Di MarketGlory? Part I

Bagaimana Cara Menjalankan Perusahaan Koran Di MarketGlory? Part I

Written By Palagan on 12 Juni 2013 | 12.6.13

Perusahaan Magazine (Newspaper) atau koran adalah sebuah perusahaan paling mudah yang bisa dibuka dan dijalankan oleh pemain MarketGlory. Produk koran adalah termasuk dalam jenis produk penambah energi, setiap eksemplar yang dibeli akan menambah energi sebesar 0.3 point dan setiap warga setiap harinya bisa membeli maksimal 10 koran (total mendapatkan tambahan energi 3 point)

Posting ini adalah tentang bagaimana cara menjalankan sebuah perusahaan koran, sebuah tutorial lengkap dengan gambar pemandu (klik gambar untuk memperbesar dan memperjelas)

Info Perusahaan Magazine
  • Biaya pembukaan: GRATIS
  • Biaya Perpanjangan License: 1 Euro (dibayarkan nanti 90 hari sejak perusahaan dibuka)
  • Kebutuhan Raw Material: Paper (kertas)

Harap diperhatikan, walau biaya pembukaan gratis, 

TAPI SANGAT DIANJURKAN agar anda mempersiapkan modal terlebih dahulu. Jangan langsung membuka perusaaan koran jika belum memiliki modal cukup karena anda akan rugi di license.

Modal minimum yang dibutuhkan untuk membuka sebuah perusahaan koran adalah 2 GOLD. Jika anda sudah memiliki gold dalam jumlah tersebut dan ingin membuka perusahaan koran silahkan ikuti tahap tahap berikut ini

Tahap Pembukaan Perusahaan

Klik Menu Companies dan pilih New Company (lihat gambar)


Pilih Magazine dan klik Register


Anda akan diminta untuk memasukkan nama perusahaan dan informasi terkait lainnya. Satu yang harus diingat nama perusahaan tidak bisa diganti, jadi hati hatilah dalam memilih nama

Selesai. Anda sudah siap menjadi 'Dahlan Iskan' di dunia virtual MarketGlory :P

Tahap Investasi Gold Ke Kas Perusahaan

Klik menu Companies dan pilih My Companies


Anda akan menemukan perusahaan koran milik anda. Klik Manage (contoh gambar)


Pilih dan klik menu Finance


Masukkan jumlah GOLD ke dalam kolom Invest (lihat gambar) dan klik tombol Invest. Ingat! Harus 2 Gold! Karena ini adalah modal minimum yang anda butuhkan untuk menjalankan perusahaan ini.

Setelah klik tombol Invest anda akan menemukan Gold amount akan terisi dana sebesar 1.97 Gold (minus 0.03 Gold pajak negara)

Langkah selanjutnya adalah mengubah Gold yang anda miliki menjadi IDR, untuk membayar gaji pegawai dan juga membeli raw material paper di pasar lokal.


Masukkan 1 Gold ke kolom input Sell Gold - mengapa hanya 1 gold? Karena proses tukar menukar Mata Uang di MarketGlory tidak mengenal system pecahan dan itulah mengapa anda harus memiliki modal minim 2 Gold ketika membuka perusahaan - Setelah Gold anda terjual, anda akan menemukan IDR (kolom di bawah Gold) bertambah jumlahnya.

Yay! Selesai! Siap melangkah ke tahap selanjutnya?

Tahap Membeli Raw Material: Paper

Agar bisa berproduksi, perusahaan koran anda membutuhkan paper (kertas) dan anda bisa membelinya dari pasar lokal atau pasar global. Ingat, sekarang anda adalah seorang pengusaha yang harus berhitung untung rugi .. cari paper dengan harga paling MURAH!

Untuk membeli paper di pasar lokal silahkan klik menu Inventory


Klik Buy dan secara otomatis anda akan di bawa menuju ke lokal market. Jika anda membeli paper di pasar lokal maka anda akan menggunakan dana IDR yang ada di kas perusahaan anda. Silahkan check di pasar lokal ketersediaan paper yang dijual pemain lain - jika anda merasa cocok dengan harganya, silahkan beli minim 5 gulung kertas.

Jika paper tidak tersedia di pasar lokal anda bisa mencarinya di pasar global, gunakan menu Markets >> Global Market >> Raw >> Goods >> Paper . Untuk membeli paper dari pasar global anda akan menggunakan dana GOLD yang ada di kas perusahaan anda.

Begitu anda klik tombol buy dengan jumlah paper yang ingin dibeli - gulungan kertas akan secara otomatis dikirim ke gudang perusahaan koran anda.

Sekali lagi ingat! Anda sekarang adalah seorang pengusaha! (keren ga?) - Mulailah berpikir untung rugi sebelum membeli sesuatu, carilah harga yang paling murah - mulailah belajar dan memantau perkembangan harga IDR terhadap GOLD - bisa jadi harga raw material di pasar lokal lebih murah dari pasar global dan sebaliknya.

Tahap pembelian raw material paper selesai!


----
Dipublikasikan Oleh Palagan 
Copyrighted Mahameru Spearhead 2013
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MarketGlory Indonesia - Mahameru Spearhead. All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger