» Meluruskan Persepsi Bermain Di MarketGlory

Meluruskan Persepsi Bermain Di MarketGlory

Written By Palagan on 17 Juni 2013 | 17.6.13

MarketGlory memang adalah sebuah game online bertema simulasi bisnis. Tapi yang membedakan MarketGlory dengan game game online sejenisnya adalah - Dalam MarketGlory, virtual profit atau keuntungan virtual yang anda dapatkan ketika bermain bisa dikonversikan menjadi UANG SESUNGGUHNYA.

Pertanyaan, bagaimana bisa sebuah keuntungan virtual diubah menjadi uang sungguhan? Berbeda dengan game online lainnya, dimana anda mengeluarkan uang dalam bentuk voucher game HANYA untuk membeli virtual currency yang akan digunakan untuk bermain - Dalam MarketGlory uang yang didepositokan oleh para pemain tetap menjadi uang sesungguhnya walau ada sedikit modifikasi dalam bentuk dan nilainya.

Karena MarketGlory adalah sebuah game bertema simulasi bisnis - Uang yang didepositokan pemain untuk membuka perusahaan misalnya, akan tetap berputar dalam dunia virtual sebagai uang sesungguhnya. MarketGlory menciptakan sebuah dunia bisnis virtual dengan yang memungkinkan terciptanya kondisi bisnis dan perekonomian hampir sama persis dengan yang terjadi di dunia nyata.

Ambillah contoh:

Jika anda ingin membuka sebuah usaha di dalam dunia nyata, sebuah usaha pertanian misalnya. Berapa modal yang anda butuhkan? Modal untuk membeli tanah yang akan menjadi lahan pertanian? Membeli pupuk dan benih tanaman? Membayar buruh tani dan lain lain? Tentu anda akan mengeluarkan cukup banyak uang untuk itu! Apalagi harga tanah yang terus meningkat.

Di MarketGlory anda juga bisa membangun sebuah usaha pertanian. Anda bisa membeli sebuah lahan pertanian, menyewa pekerja dan kemudian menjual hasil panennya ke pada pemain lain. Memang lahan pertanian di MarketGlory bukan dalam bentuk fisik, hasil panen yang didapatkan pun bukan bentuk fisik - tetapi nilai jual hasil panen tersebut memiliki nilai UANG dalam arti yang sesungguhnya. Mengapa? Karena anda harus membayar sebesar 10 Euro untuk membuka sebuah lahan pertanian, anda harus lagi mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar pekerja (pemain lain) untuk menghasilkan produk siap panen. Dan uang yang anda keluarkan ini tetap memiliki nilai uang yang sesungguhnya.

Jumlah uang yang anda keluarkan sebagai modal untuk membuka usaha pertanian ini jumlahnya tentu tidak sebesar ketika anda membuka usaha pertanian di dalam dunia nyata. MarketGlory menciptakan sebuah dunia mini, sama persis dengan dunia yang kita tempati sehari hari.

Dan karena banyaknya pemain yang bergabung dari seluruh dunia, melakukan deposit uang untuk membuka usaha atau perusahaannya masing masing, MarketGlory mampu menciptakan sebuah pasar virtual sebuah system perekonomian tersendiri - ketika proses transaksi antar pemain terjadi di dalamnya - semisal pengusaha makanan membeli produk pertanian anda dan kemudian menjual produk makanannya kembali kepada anda dan juga seluruh pemain MarketGlory lainnya ... di sinilah proses ekonomi tercipta, proses transaksi jual beli yang SAMA PERSIS dengan kondisi dunia nyata.

SALAH KAPRAH PEMAIN INDONESIA!

Sebagian besar pemain MarketGlory Indonesia datang dengan mindset - ini adalah sebuah game penghasil uang, memang tidak salah! MarketGlory memang bisa menjadi sebuah sarana menghasilkan uang - yaitu ketika anda sukses menjalankan bisnis atau perusahaan yang anda bangun di dalamnya. tapi MarketGlory bukanlah semacam program penghasil uang yang banyak beredar di Internet .. lakukan ini .. lakukan itu .. dapat uang dengan mudah. PRET!

MarketGlory adalah sebuah game simulasi bisnis - sebuah game yang setiap kejadian atau perubahan ekonomi ditentukan oleh cara bermain, strategi dan taktik khusus yang ditetapkan oleh pemain. Apa yang anda lakukan akan memberikan efek perubahan besar atau kecil ke dalam lingkungan virtual game yang dinamis. Seorang pengusaha bisa mendapatkan laba atau keuntungan ketika taktik atau strategi yang diterapkan berhasil, sebaliknya bisa juga malah mendapatkan kerugian ketika dia salah ambil strategi. Sekali lagi, SAMA PERSIS jika anda menjalankan bisnis dalam dunia nyata.

Dalam skala besar, karena permainan MarketGlory ini menempatkan masing masing pemain berdasarkan domisili atau tempat tinggalnya di dunia nyata (pemain senegara). Maka apa yang dilakukan oleh para pemain di negara tersebut akan memberikan efek baik dan buruk terhadap perekonomian negara digital mereka.

Krisis Ekonomi bisa saja terjadi ketika para pemain dalam satu negara tidak bekerja sama dalam memajukan perekonomian lokal negaranya. Ketika para pemain - baik itu pengusaha atau pekerja dengan segala cara saling berusaha rebutan siapa cepat mendapatkan profit sebanyak banyaknya dalam waktu singkat ... hal ini bisa membuat perekonomian negara memburuk dan kemudian kolaps. Dan ketika hal ini terjadi, bukan hanya satu atau dua pemain saja yang terkena dampak kerugian ... tapi seluruh pemain yang berada di dalam negara tersebut juga akan mengalami nasib sama ... RUGI!


Bekerja sama untuk kemakmuran bersama ... karena sekali lagi game ini bukan seperti game sejenis lainnya di mana anda bebas mengejar pengakuan sebagai satu satunya pemain terbaik, pemain tersukses dan sebagainya.

---- 
Dipublikasikan Oleh Palagan
Copyrighted Mahameru Spearhead 2013
Share this article :

+ comments + 8 comments

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MarketGlory Indonesia - Mahameru Spearhead. All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger